8 Destinasi Wisata Unggulan di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Happy Traveling

Bila ke Klaten, jangan lupa datang ke 8 objek wisata ini

Mungkin banyak dari kalian yang belum tau Klaten. Klaten merupakan kota yang terletak diantara Yogyakarta dan Surakarta. Klaten merupakan Kota dengan wilayah tidak terlalu besar, namun Klaten memiliki banyak pesona. Apalagi tentang destinasi wisata yang dimiliki, berikut destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi jika datang ke Klaten :

1. Umbul Ponggok


Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Pasti banyak dari kalian yang sudah tau tentang Umbul Ponggok. Disini kalian dapat melakukan kegiatan selain berenang. Seperti foto underwater, snorkeling , water arena, dll.

Air yang sangat jernih dan bersih membuat ikan yang hidup disini bisa dilihat dengan jelas. Jadi kalian dapat berfoto dengan ikan-ikan disini. Spot foto underwater memiliki banyak objek foto, seperti motor, bangku, tv, dll.

Untuk parkir membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan untuk mobol sebesar Rp 5.000. Tiket masuk pada hari kerja Rp 8.000 dan Rp 15.000 saat hari libur.

2. Umbul Cokro Tulung


Pemandian Air Cokro terletak tidak jauh dari Pasar Cokro. Pemandian ini terkenal karena air yang jernih dan segar. Banyak pepohonan yang mengelilingi pemandian ini, menyebabkan udara disini menjadi dingin.

Untuk masuk ke Pemandian Air Cokro sekitar Rp 10.000. Dan parkir sekitar Rp 5.000.

3. Umbul Manten


Selain Umbul Ponggok. Di Klaten juga terdapat umbul yang terkenal lainnya, yaitu Umbul Manten. Umbul ini sangat recommended untuk didatangi saat ke Klaten, karena selain menawarkan sensasi berenang yang berbeda. Disini juga terdapat banyak pohon yang mengelilingi umbul. Terdapat juga bangunan kotak yang bisa digunakan untuk melompat ke kolam.

Untuk bisa masuk kedalam objek wisata ini dikenakan biaya berkisar Rp 5.000. Dan untuk parkir sepeda motor berkisar Rp 2.000.

4. Umbul Pluneng


Umbul Pluneng terletak di Kecamatan Kebonarum yang terdapat 2 mata air. Yang pertama bernama Tirtomulyani yaitu umbul bagi para wanita karena biasanya digunakan para wanita untuk mencuci pakaian. Disamping umbul terdapat patung Budha. Umbul ini bersifat pribadi karena hanya warga sekitar yang menggunakannya. Nama umbul kedua yaitu Tirtomulyono, umbul bagi para lelaki. Umbul ini terletak sekitar 50 m sebelah barat umbul Tirtomulyani . Umbul ini paling terkenal karena terdapat 3 kolam dan letak yang strategis.

Untuk masuk ke umbul pluneng tirtomulyono dikenakan biaya Rp 5.000. Dan untuk parkir motor sekitar Rp 2.000.

5. Candi Plaosan


Candi Plaosan merupakan salah satu ikon di Kota Klaten. Candi Plaosan merupakan wujud cinta Rakai Pikatan kepada Pramudya Wardani. Terdapat 2 candi utama, yaitu Plaosan Lor (Utara) dan Plaosan Kidul (Selatan) yang diibaratkan sebagai candi laki-laki dan candi perempuan. 2 candi itu dikelilingi oleh banyak candi kecil yang tersebar membentuk gugusan candi. Disebelah candi utama terdapat pula altar.

Biaya masuk candi sekitar Rp 3.000. Kemudian untuk parkir sepeda motor sekitar Rp 2.000, Rp 3.000 untuk parkir mobil.

6. Bukit Cinta


Bukit Cinta merupakan objek wisata baru di Kota Klaten yang terletak di Kecamatan Bayat. Untuk menuju kepuncak bukit cinta kalian perlu berjalan menanjak sekitar 500 meter, namun lelah kalian akan terbayarkan saat melihat pemandangan alam yang indah. Dipuncak juga terdapat banyak spot foto, jadi jangan khawatir jika kalian ingin menambah koleksi foto.

Biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke objek wisata ini adalah Rp 4.000 bagi orang dewasa. Dan bagi anak-anak tidak dipungut biaya alias gratis.

7. Protelium Bukit Patrum


Destinasi selanjutnya adalah Protelium Bukit Patrum. Jika anda sedang di Klaten atau melewati Klaten sangat disarankan mampir di Protelium Bukit Patrum, karena banyak sekali spot untuk foto. Apalagi bagi kalian yang sedang mencari foto untuk di upload di media sosial.

Biaya yang kita keluarkan untuk tiket masuk kisaran Rp 3.000. Dan untuk parkir sepeda motor kisaran Rp 1.000.

8. Kali Talang


Wisata yang terakhir adalah Kali Talang. Didalamnya terdapat sungai yang tidak terdapat air, melainkan pasir vulkanik. Banyak pepohonan yang mengelilingi tempat ini, menyebabkan suasana pegunungan sangat terasa. Udara yang segar dan bersih sangat cocok untuk kalian yang ingin melepaskan penat setelah beraktivitas dengan hiruk-pikuk perkotaan.

Untuk tiket masuk gratis alias tidak dikenakan biaya. Hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp 2.000. Namun biaya ini dapat berubah-ubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *